Elegant Rose - Working In Background
 photo banner05-468x60_zps6c4b609a.gif

Selasa, 21 Mei 2013

Atasi Asma dengan Cara Sederhana

Asma membuat orang sangat menderita selama bertahun-tahun ternyata bisa disembuhkan dengan cara-cara yang sederhana. Ada tiga pilihan: tanaman obat, naturopati atau pengobatan tradisional china.

Tanpa sengaja menyedot debu rumah atau asap rokok, mencium bunga atau parfum yang “salah”, bisa membuat pasien asma mulai sesak. Bahkan kadang disertai dengan bunyi khas sewaktu bernapas. Dada terasa penuh, napas tersengal-sengal, kemudian terbatuk-batuk untuk melepaskan dahak yang lengket pada saluran pernapasan. Jika menghiru napas biasa saja sudah merupakan perjuangan berat bagi seorang penderita asma, maka tidak mengherankan jika serangan asma terasa begitu menakutkan.

Selain minum mediaksi dokter, ada banyak cara lain untuk menghindari dan mengatasi asma. Cara andalan nenek moyang kita adalah dengan tanaman obat atau jamu. Sedangkan yang diimpor dari luar adalah naturopati dan pengobatan tradisional China.

Meskipun setiap orang sensitif terhadap zat iritan tertentu, pada umumnya serangan asma tercetus akibat debu rumah, obat-obatan yang sedang diminum, zat iritan seperti asap rokok, zat kimia yang baunya merangsang, obat nyamuk yang mengganggu saluran pernapasan. Stres, emosi maupun olahraga pun bisa menyebabkan paru-paru yang hipersensitif melepaskan zat-zat yang menimbulkan inflamasi pada saluran napas, sehingga otot-otot pernapasan menjadi kejang. Saluran napas pun menyempit, membuat penderita megap-megap mengambil napas. Keadaan menjadi lebih parah jika prandangan pada saluran napas juga mengakibatkan pembengkakan pada selput lendir disertai produksi dahak yang berlebihan dan menimbulkan batuk.

Penyakit asma pada dasarnya merupakan penyakit imunologis, karena sistem imunitas terganggu. Gangguan inflamasi kronik yang menyebabkan sesak napas bisa terjadi setiap saat, apalagi kalu ada alergen yang menimbulkan iritasi pada saluran pernapasan, bernapas menjadi lebih berat.
Karen sifatnya yang kronik inilah tanaman obat bisa dimanfaatkan untuk memperlunak gejala peradangannya. Selain itu dengan meningkatkan imunitas penderita, gejala asma akan makin berkurang. Dalam hal ini pun herba bisa berperan.

Berikut ini beberapa jenis buah-buahan yang baik dikonsumsi secara teratur untuk meredahkan asma.


  • Mengkudu (Morinda citrifolia)
    Dari penelitian yang telah dipublikasikan, jus mengkudu diindikasi berkhasiat meredam rasa nyeri (analgesik), menstimulasi sistem imun, dan bersifat antikanker. Yang dipakai adalah jus dari buah mengkudu masak. Hal ini karena buah mengkudu yang masak mengandung alkaloid proxeronine dalam jumlah cukup besar. Juga ada damnacanthal (sejenis polisakarida), sterol, plus vitamin C, A, d
    an beta karoten. 

    Didalam sel tubuh, proxeronine diubah menjadi xeronine. Dalam bentuknya yang baru sebagai xeronine, alkaloid ini bekerja memerangi perandangan, mempercepat penyembuhan, dan mengatur pertumbuhan sel normal. Setiap kali ada infeksi dan stres, kebutuhan tubuh akan xeronine meningkat.


    Mengkudu juga baik untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh karena kandungan polisakaridanya mengaktifkan kerja sel darah putih yang berguna untuk memerangi peradangan. Karena itu buah mengkudu dengan kandungan zat berkhasiatnya seperti sterol, proxeronine, damnacanthal, dan vitamin antioksidan mendukung kesembuhan penyakit asma.
  • Buah Anggur (Vitis vinifera)
    Penderita asma juga bisa mengkonsumsi buah anggur untuk mengurangi timbulnya seranga asma. Yang dianjurkan adalah buah anggur yang warnanya merah karena lebih kaya zat flavonoid.


    Buah anggur memang kaya antioksidan. Selain flavonoid, ada resveratrol, yang berguna untuk melawan stres lingkungan yang disebabkan oleh perubahan cuaca, tungau, atau mikroorganisme lain. Anggur juga merupakan sumber mangan, kalium, vitamin (B6, C, thiamin, riboflavin). Semuanya bertindak sebagai antioksidan, bahkan kulitnya mengandung senyawa polifenol dengan nama oligomeric proanthocyanidine (disingkat OPC’s). Di dalam tubuh, OPC’s  ini diubah menjadi antioksidan (anthocyanidine) yang ampuh untuk menormalkan imunitas tubuh. Tetapi anggur mengandung cukup banyak oksalat, tergantung varietasnya, hindari makan buah anggur berlebihan bila Anda penderita batu ginjal.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Top WordPress Themes